Filosofi Logo Adalah "Nyawa" Brand


Brand yang kuat itu mengandung filosofi didalamnya, bukan sekadar gagah - gagahan atau keren - kerenan logo, adu keren nama atau bagus - bagusan warna.
~ Karnoto ~

Anda pernah membaca filosofi logo PT Gudang Garam? atau filosofi produk ternama asal luar negerai Nike? Bagi yang belum pernah baca sedikit saya ulas dari beragam sumber, dimana logo mereka ternyata bukan sekadar gambar melainkan memiliki filosofi yang kuat terutama pada sejarah hidup sang pendiri.

Gudang Garam misalnya, dalam berbagai literasi konon logo ini terkait sejarah hidup sang pemilik Adalah Tjoa Ing Hwie atau Surya Wonowidjojo seorang juragan tembakau yang mendirikan brand rokok legendaris Indonesia, Gudang Garam pada Juni 1958 di Kediri.

Konon logo ini bermula dari sebuah mimpi, suatu malam Surya bermimpi mengenai sebuah gudang tua penyimpan garam di seberang pabrik Cap 93. Kisah dalam mimpi tersebut lantas diceritakan Surya kepada seorang pegawainya yang setia bernama Sarman. 

Kemudian Sarman menerjemahkan mimpi sang juragan dalam sebuah gambar ilustrasi yang hingga kini menjadi logo dari Gudang Garam. Meski logo dari nike ini terkesan sederhana dengan tanda centang yang biasanya diikuti dengan slogan 'Just Do It', namun siapa sangka itu didesain dengan penuh pertimbangan dan makna yang mendalam.

Kata nike sendiri diartikan 'dewi kemenangan dan keberhasilan' yang diyakini oleh bangsa Yunani. Dengan menggunakan nama tersebut, diharapkan perusahaan yang didirikan oleh Philip Knight ini akan selalu memberikan keberhasilan dan kemenangan bagi pelanggan yang menggunakan produknya.

Tentu masih banyak filosofi logo dan brand ternama yang didalamnya mengandung filosofi. Begitupun kita, Anda dan semuanya para pelaku UMKM hendaknya memiliki filosofi brand yang kita miliki.

Jangan pernah meremehkan filosofi dalam hidup karena filosofi inilah yang akan menghidupkan brand kita bahkan kehidupan kita. Meskipun usaha Anda masih kecil tapi jangan lepaskan filosofi brand Anda.

Itulah mengapa saya katakan bahwa brand itu bukan sekadar gagah - gagahan nama, warna dan keren - kerenan logo, yang terpenting adalah sang pendiri mengerti filosofi brand yang dimiliki.

Dengan filosofi maka brand kita seperti bisa bicara dan bercerita tentang dirinya sehingga seperti memiliki nyawa karena dia hidup. Inilah yang membuat brand - brand ternama bertahan sampai sekarang. Karena brand mereka memiliki filosofi yang kuat. Filosofi inilah yang tidak bisa dicontek oleh orang lain.

Salam,
Karnoto

No comments:

Post a comment

Pages