PerspektifTV

Adsense

Tiga Komponen Penting Membuat Iklan

SumberFoto/PaperID

Dosen Periklanan saya bercerita ketika ia diterima melamar pekerjaan disebuah perusahaan advertising saat masih kuliah semester akhir. Awalnya Ibu Dosen ini ragu bahwa dirinya akan diterima oleh perusahaan mengingat dia masih kuliah sedangkan pesaingnya rata - rata sudah memiliki pengalaman kerja di dunia periklanan.

Namun pada akhirnya ia diterima bekerja di perusahaan tersebut dengan modal pengetahuan yang pernah ia terima saat kuliah periklanan oleh dosennya. Konsep itulah yang sampai sekarang dia masih teringat dan disampaikan kepada saya saat perkuliahan.

Ibu dosen sampaikan bahwa kunci membuat iklan sebenarnya ada pada susunan konten iklan. Mungkin sebagian orang mengira kuncinya ada pada desain iklan, padahal tidak!

Jadi kunci membuat iklan efektif itu terletak pada susunan konten iklan itu sendiri dan sebenarnya sederhana karena hanya ada tiga susunan. Pertama adalah headline, subheadline dan penguat.

Headline adalah pesan utama yang ingin disampaikan dalam sebuah iklan sedangkan subheadline adalah penjelasan singkat dari headline itu sendiri. Sementara bagian penguat sifatnya untuk menguatkan bisa berupa gambar atau foto.

Sebagus apapun desain iklan kalau pesannya tidak jelas maka khalayak tidak akan pernah mengerti apa sebenarnya pesan yang mau disampaikan dalam iklan yang kita buat.

Untuk meyakinkan Anda coba Anda perhatikan iklan brand - brand ternama pasti terdiri dari tiga bagian itu, headline, subheadline dan penguat. Sangat simple tetapi ternyata masih banyak yang belum tahun tentang susunan ini.

Memang untuk membuat konten headline dan subheadline tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hanya saja memang butuh keterampilan untuk meracik konten iklan.

Disinilah peran seorang copy writer bekerja karena ditangan merekalah konten sebuah iklan diserahkan. Jadi, memang untuk membuat iklan harus melibatkan beberapa sumber daya manusia dengan skill yang berbeda, ada yang ahli analisa, copy writer, desain grafis, fotographi dan video.

Mereka memang sejatinya menyatu dalam sebuah perancangan membuat iklan karena skill mereka saling terkait satu sama lain sehingga bisa menghasilkan iklan dengan pesan yang efektif.


Posting Komentar

0 Komentar