PerspektifTV

Adsense

Memaknai Simbil Dua Ibu Jari HRS


Tiap negara memiliki pengertian soal jari jemari dan tentu saja masing - masing negara memaknainya berbeda - beda. Tapi kali ini saya ingin mengulas soal simbol dua jempol yang diacungkan HRS. Simbol ini ia publikasikan baik saat kedatangan ke Polda Metro Jaya maupun usai dirinya diborgol setelah menjalani pemeriksaan.
Saya penasaran dengan dua simbol jempol yang dia acungkan ke atas. Dan ternyata makna dua jempol diacungkan ke atas tidak selamanya oke atau keren.
Di Indonesia mungkin maknanya seperti itu, namun ternyata di Timur Tengah maknanya justru terbalik dengan makna di Indonesia. Artinya ketika seseorang mengacungkan jempol ke atas maka itu sama artinya membalikan posisinya ke bawah yang artinya tidak setuju .
Berbeda lagi dengan negara Yunani, jempol ke atas justru artinya adalah "terserah kamu". Saya tidak bisa menerka - nerka apakah jempol HRS menggunakan makna dari Timur Tengah atau Indonesia.
Yang pasti simbol jempol ke atas yang dilakukan HRS menjadi viral. Intepretasi ini tentu saja hanya HRS yang tahu. Tetapi jelas sekali apa yang dilakukan HRS dengan jempol ke atas bukanlah tanpa maksud.
Jika simbol itu hanya kebetulan maka tidak mungkin HRS akan melakukannya berulangkali. Dalam komunikasi terutama politik memang seringkali lebih banyak memakai simbol tangan.
Simbol tangan biasanya dipakai untuk momentum tertentu, seperti kampanye perdamaian, memberikan apresiasi kepada pihak tertentu, mengejek dan lain sebagaianya.

Posting Komentar

0 Komentar