Integrasi Tools Branding

 


Event adalah salah satu tools aktivasi branding yang harus terintegrasi dengan tools branding lainnya. Jika tidak maka akan sia - sia event tersebut.

Penulis | Karnoto

Aktivasi branding itu banyak toolsnya dan semua tools harus terintegrasi sehingga memiliki frekuensi yang sama antara tools yang satu dengan tools yang lain. Salah satu tools aktivasi branding yang harus terintegrasi adalah event. 

Sama seperti tools aktivasi branding lainnya, event juga harus memiliki narasi yang sama dengan tools yang lainnya. Jangan sampai terjadi event lari ke selatan, advertising dan tools lainnya lari ke Utara.

Ketika ingin melakukan personal branding maka semua tools harus terintegrasi supaya publik bisa melihat wajah seseorang itu dengan jelas. Jelas narasinya, jelas brandnya sehingga performance orang itu terdeteksi identitasnya secara spesifik.

Misalkan seseorang dibranding sebagai tokoh atau politisi dikenal integritasnya maka tools aktivasi branding ya harus senafas dan terintegrasi, mulai dari public Relation, advertising (banner, spanduk, baliho, bilboard dll), media planningnya termasuk eventnya.

Jangan sampai seseorang itu ingin dibranding personality yang berintegritas tetapi aktivasi branding ya justru berlawanan. Ini sering terjadi di lapangan dan menurutku fatal dan hanya membuang energi karena pasti di ujung tidak akan jelas identitas seseorang itu akibat aktivasi branding yang tidak senafas dengan personal brand orang tersebut.

Dan ini berlaku bukan hanya untuk personality melainkan lembaga, bisa lembaga politik, sosial, komunitas, perusahaan dan lain sebagainya. Ketika saya hendak membranding seseorang sebagai tokoh perempuan maka saya ajak orang ini melakukan tools aktivasi branding yang terintegrasi.

Dari sisi iklannya saya ajak dia membuat iklan yang bernyawa, artinya ketika dibaca itu hidup dan mempresentasikan personal brandnya. Demikian juga ketika mengadakan event, juga terintegrasi dengan tools lainnya.

Dan dalam jangka lima bulan seseorang ini mulai dikenal dikalangan tokoh dan elit partai politik. Tentu saja ini akan menempatkan positioningnya menjadi istimewa.

Pages