Efek Cermin dalam Politik

Hany Seviatri Helldy Agustian, istri calon Walikota Cilegon Helldy Agustian saat turun ke lapangan.

Dalam sebuah pertandingan strategi keseimbangan terhadap lawan adalah sesuatu yang sejatinya dilakukan begitupun dalam politik. Ketika lawan menjadikan wajah artis sebagai headline untuk bisa memengaruhi pemilih maka sejatinya kita juga memiliki artis yang bisa mengimbanginya.

Ketika lawan politik memiliki kelebihan karena calon perempuan maka sejatinya harus diimbangi dengan kemunculan perempuan, pengusaha juga harus diimbangi pengusaha, politisi juga harus diimbangi politisi begitu seterusnya.

Inilah dalam teori politik disebut efect mirror atau efek cermin. Tujuannya selain menjaga keseimbangan juga memecah tatapan dan pandangan mata publik sampai pada tujuan akhirnya yaitu menggaet pemilih.

Pada kasus Pilkada Kota Cilegon 2020, ada nama Ratu Ati Marliati, selain incumbent kelebihan dia yang mungkin orang lupa adalah dia adalah satu - satunya calon Walikota Cilegon perempuan.

Keuntungannya apa? Dia lebih leluasa ketika menemui komunitas perempuan karena bisa berangkulan, bisa cipika cipiki dan mengerti bahasa perempuan. Pada bagian lain tiga pasangan adalah laki - laki semua sehingga tidak begitu leluasa ketika menemui komunitas perempuan.

Satu - satunya cara untuk mengimbangi sorotan mata pubik terhadap Ati dalam konteks perempuan adalah harus mencari penyeimbang supaya memecah konsentrasi mata publik soal perempuan. Penyeimbang itu bisa istri bisa anak ataupun lain yang berjenis kelamin sama.

Dan pasangan HelldySanuji melakukan itu dengan memunculkan istri Helldy Agustian, Hany Seviatri, dialah yang menjadi penyeimbang Ati dalam konteks perempuan. Hany dalam beberapa bulan terakhir masa kampanye masif turun ke lapangan menemui komunitas ibu - ibu, mulai dari majelis taklim, pelaku UMKM dan lainnya.

Jelas kehadiran Hany memecah konsentrasi mata publik terhadap Ati. Jika sebelumnya mata publik melihat sosok perempuan satu - satunya yang terlibat sebagai tokoh dalam pilkada maka dengan kemunculan Hany itu tidak terjadi lagi.

Meski hanya sebagai istri Helldy, tapi dia telah menjadi kelompok rujukan. Artinya, kehadiran Hany dalam menggaet pemilih perempuan jelas strategis. Ketika berkunjung ke majelis taklim Hany bisa cipika cipiki, berpelukan karena sesama perempuan.

Sentuhan fisik dengan istri calon orang nomor satu disebuah daerah jelas itu punya nilai plus bagi sebagian besar warga yang notebene masih melihat pilihan dari sisi emosional. Kondisinya akan berbeda ketika Hany tidak muncul dan hanya mengandalkan HelldySanuji.

Akan ada jarak karena pasti tidak akan terjadi cipika cipiki dengan para emak - emak atau ibu - ibu. Kehadiran Hany sebagai pemecah sorotan publik terhadap tokoh perempuan pada Pilkada Cilegon jelas strategis.

Jadi kehadiran istri Helldy pada bulan - bulan terakhir memberikan efek yang positif bagi kemenangan HelldySanuji. Ketika Ati mengirimkan pesan ke publik soal isu perempuan maka bisa dimbangi dengan kehadiran Hany, inilah teori efect mirror atau efek cermin.

Pages